Dosa Untuk Orang yang Tidak Berpuasa


Bulan ramadan merupakan bulan yang penuh rahmat dimana seorang muslim pada bulan ramadan diwajibkan berpuasa dimulai dari tebitnya matahari sampai terbenamnya matahari, bagi umat muslim bulan ramadan merupakan bulan yang sangat ditungu-tunggu dan juga bulan yang sangat baik dari 11 sebelas bulain lainnya.

Pada bulan ramadan ada satu malam yakni malam laitul Qadar yang merupakan malam yang sangat baik dari malam-malam yang lainya, begitu banyak pahala yang kita dapatkan dibulan ramadan dikalala kita berbuat baik kepada diri kita sendiri maupun kepada oranglain , perbuatan baik yang kita perbuat akan dibalas olleh Allah SWT dengan pahala yang berlipat ganda.

Bagi seorang muslim berpuasa merupakan hal yang wajib dilakukan lantas, bagaimana bagi seorang muslim yang tidak melaksanakan ibadah berpuasa, sedangkan ia tidak sedang sakit, atau halangan seperti musafir ataupun telah lanjut usia.

Puasa merupakan hal yang wajib dilakukan bagi seorang muslim yang sudah balig dan tidak mempunyai halangan, dan bagi seorang muslim yang tidak berpuasa ia akan mendapatkan dosa dan hukuman didunia maupun diakhirat.

Hukuman didunia, apabila takberpuasa karena menganggap ibadah tersebut tidak wajib dilakukan maka hukumannya, ia terancam kekafiran karena puasa merupakan rukun islam, mungkin ada diluarsana orang yang  tidak berpuasa karena mungkin saja orang itu tidak tahu bahwa ibadah puasa merupakan wajib dilakukan bagi semua umat islam yang sudah balig.

Wajib meng qhodo, bagi seorang muslim yang tidak berpuasa dibulan ramadan karena mempunyai halangan seperti sakit, musafir, sudah tua atau yang lainya wajib mengqodo. Al-Quffals berkata "Barangsiapa yang berbuka di bulan Ramadhan selain karena jima'l-Q tanpa udzur, maka wajib baginya meng qhodo dan menahan diiri dari sisa hariya. Dalam hal ini, dia tidak membayar kaffarat (tebusan) namun dia ditadzir oleh pennguasa . Ini adalah pendapat Imam Ahmad dan Dauf azh-Zhahiriy.. (Hilyah al-Awiya:III/198).

Tidak mengqhodo, seorang muslim yang tidak berpuasa di bulan ramadan sedangkan ia tidak mempunyai halangan seperti sakit dan lainnya kemudian dia mengqhodo sepanjangan zaman maka tidak akan diterima. 

Di balik lapar dan hausnya kita saat berpuasa ternyata tersimpan kesejukan dan ketentraman hati disaat kita menjalankan ibadah puasa.

Itulah artikel sederhana mengenai Dosa untuk orang yang tidak berpuasa semoga artikel sederhaha ini bisa bermanpaat