Sejarah Komputer dan definisi komputer Lengkap Beserta Gambarnya


Sejarah Komputer dan definisi komputer Lengkap Beserta Gambarnya
Sejarah Komputer Lengkap Beserta Gambarnya, komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang berarti menghitung pada zaman dahulu komputer hanya di gunakan hanya untuk keperluan terbatas karena bentuk dan sifat nya sangatlah sederhana .
 Adapun definisi komputer menerut para ahli :                                                                                    
  Menurut fuori :
Komputer adalah suatu pemproses data yang dapat melakukan perhitungan sar secara cepat,termasuk perhitungan aritmatika dan logika tanpa ikut campur tangan manusia .
Menurut blismer :   
 Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :        
Menerima input                 
Memproses input sesuai dengan program nya 
Menyimpan hasil perintah-perintah dan hasil pengelohannya
Menyediakan output dalam bentuk informasi

Menurut hemacer :  

Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian pemproses nya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output berupa informasi .

Dari pendapat diatas kita dapat simpulkan  bahwa komputer adalah seperangkat alat elektronik yang bekerjasama dalam melakukan pengolahan data sehinga menjadi sebuah informasi yang dapat di mengerti oleh manusia .

Meunurut lary long dan nancy long :

Komputer adalah alathitung electronic yang bisa melaksanakan perintah program berupa output,inputdanoperasi logika-logika lainya.

Menurut wiliam M. Faori

Komputer adalah mesin multiguna yang dapat di program, yang menerima data dan memproses atau memanifulasi ke dalam informasi yang digunakan.


Sejarah generasi komputer :

1. Generasi pertama 
Sejarah Komputer dan definisi komputer Lengkap Beserta Gambarnya
Pada komputer generasi pertama mengunakan tube vacuum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar ) dan mengunakan silinder magnetic untuk menyimpan data .






2. Generasi kedua
Sejarah Komputer dan definisi komputer Lengkap Beserta Gambarnya
Pada komputer generasi kedua ini sudah mengunakan transisitor sebagai penganti tube vacum, transistor ditemukan pada tahun 1948 Transistor adalah suatualat semikonduktor yang di gunakan untuk penguat, circuit pemutus dan penyambung (switching) stabilitas,tegangan,penguat sinyal atau yang lainya .





3. Geneasi ketiga
Sejarah Komputer dan definisi komputer Lengkap Beserta Gambarnya
Pada komputer generasi ketiga ini,seorang ilmuwan  yang bernama jack kilby mengembangkan sebuah  IC (intregate circuit) pada tahun 1958. Selain itu pada komputer generasi ketiga ini komputer sudah mengunakan software yaitu system operasi yang memungkinkan berbagai program yang berbeda bisa berjalan dalam satu komputer.








4. Generasi kempat
Sejarah Komputer dan definisi komputer Lengkap Beserta Gambarnya
 Ciri-ciri dari komputer generasi ini adalah semakin kecilnya ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Pada generasi ini komputer sudah tidak lagi didominasi perasahaan-perasahaan besar dan lembaga pemerintah, bahkan masyarakat umum pun sudah banyak yang mengunakan komputer pada generasi ini.





5. Generasi kelima
Sejarah Komputer dan definisi komputer Lengkap Beserta GambarnyaPada komputer generasi kelimaini komputer sudah berkembang sangat pesat,itu ditandai dengan banyak nya kemajuan pengembangan komponen-komponen yang di produksi oleh para pengembang computer.semakin tinginyas spesifkisi software harus di imbangi oleh spesifikasi hardware. Kemajuanlain  adalah aliran super konduktor yang memungkinkan  aliran elektrik tanpa ada hambatan apaun, yang nantinya akan mempercepat kecepatan informasi. 


                                                                             
  Skema Dasar Sistem Komputer 

Di dalam Komputer terdapat empat komponen pokok system computer yang saling bekerja sama dalam mencapai tujuan system computeryaitu komputasi. Ke empat komponen system computeritu sendiri adalah :

1. Pemroses; 
2. Memori utama; 
3. Perangkat Input dan output; dan 
4. Interkoneksi antarkomponen 

Yang pertama :
Pemrosesdisini berfungsi untuk melakukan pengolahan data dan pengendalian operasi pada computer. Pemroses itu sendiri terdiri dari tiga komponen yaitu :
1. CU (Control Unit) 
2. ALU (Aritmatic Logic Unit) 
3. Register-register 

Didalam pemroses itu sendiri terdapat 3 kategori operasi yaitu :
1. Operasi aritmatika seperti (+,-,*,/) 
2. Operasi Logika seperti OR, AND, INVERSI, dan XOR 
3. Operasi pengendalian seperti : operasi percabangan. 

Yang kedua :
Memori utamabersifat volatile(sementara) disebut volatile karena sifatnya yang bergantung pada sumberdaya listrik, jika sumberdaya listrik tidak ada maka data akan hilang.contoh dari memori yang bersifat volatile adalah EDO RAM, SDRAM, DDRAM dan lain-lain.  Selain itu ada juga memori yang bersifat non-volatile(tidak sementara) karena sifatnya yang tidak tergantung pada sumberdaya listrik. Contoh dari memori yang bersifat non volatileadalah flashdisk, Hardisk, Disket dan lain-lain
Yang ketiga :
Perangkat input dan outputdisini berfungsi agar komputer dapat berkomunikasi dengan lingkungan luar baik bagi useratau lingkungan secara umum. Perangkat input dan output terdiri dari dua bagian utama yaitu :

1. Komponen mekanis;dan 
2. Komponen elektronis 
Komponen mekanis disini merupakan biasanya alat itu sendiri sendangkan komponen elektronis biasanya bentuknya berupa chip controller.Fungsi dari komponen elektronis adalah mengendalikan komponen mekanis.
Yang ke empat :
Interkoneksi antarkomponendisini merupakan komunikasi atau keterhubungan antara pemroses/CPU, memori dan perangkat input dan output guna mencapai tujuan dari sistem komputer itu sendiri.

Baca juga Artikel yang berjudul Tips cara memperbaiki VGA card yang tidak terdeteksi komputer )Semoga artikel yang saya tulis bisa bermampaat untuk anda semua .

0 Response to "Sejarah Komputer dan definisi komputer Lengkap Beserta Gambarnya"

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik-baik jangan berkomentar SPAM saya selaku admin akan sangat
berterimakasih apabila anda meningalkan komen yang baik