Manpaat Dasyat dari Membaca Shalawat

Mampaat Dasyat dari Membaca Shalawat
Shalawat Nariyah

Manpaat Dasyat dari Membaca Shalawat- Banyak sekali manpaat dan keajaiban ketika anda membaca shalawat dengan hati yang iklas maka dari itu saya posting artikel ini agar semua orang yang membaca artikel ini tahu mampaat dari membaca shalawat oke tanpa bicara panjang lebar lagi saya persembahkan untuk anda Mampaat Dasyat dari Membaca Shalawat  , SHALAWAT adalah bentuk jamak dari kata salla atau salat yang berarti: doa, keberkahan, kemuliaan, kesejahteraan, dan ibadah. jadi kita bisa simpulkan bahwa shalawat itu adalah doa, baik untuk diri sendiri, orang banyak atau kepentingan bersama. 

 إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَي هِ  وَسَلِّمُوا تَسْلِيما

Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi. Wahai orang-orang yang beriman bershalawat salamlah kepadanya. (QS Al-Ahzab 33: 56)

Itulah firman Allah SWT yang memerintahkan kita untuk bershalawat kepada Nabi Muhamad SAW,shalawat dari Allah berarti rahmat. Bila shalawat itu dari malaikat atau manusia maka yang dimaksud adalah  do'a. Sementara salam adalah keselamatan dari marabahaya dan kekurangan. Tidak ada keraguan bahwa membaca shalawat dan salam adalah bagian dari penghormatan (tahiyah), maka ketika kita diperintah oleh Allah SWT untuk membaca shalawat yang artinya mendo'a Nabi Muhamad SAW maka wajib atas Nabi Muhamad SAW melakukan hal  yang sama yaitu memndoa'kan kepada orang yang membaca shalawat kepadanya.

Do'a dari Nabi inilah yang dinamakan dengan syafaat. Semua ulama telah sepakat bahwa do'a nabi itu tidak akan ditolak oleh Allah. Maka tentunya Allah akan menerima Syafaat beliau kepada setiap orang yang membaca shalawat kepadanya. Banyak sekali hadist yang menjelaskan keutamaan membaca shalawat kepada Nabi, Diantaranya :

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ فِي كِتَابٍ لَمْ تَزَلِ الْمَلَائِكَةُ تَسْنَغْفِرُ لَهُ مَا دَامَ اسْمِي فِي ذَلِكَ الْكِتَابِ
Barangsiapa berdoa (menulis) shalawat kepadaku dalam sebuah buku maka para malaikat selalu memohonkan ampun kepada Allah pada orang itu selama namaku masih tertulis dalam buku itu.

  مَنْ سَرَّهُ أنْ يُلْقِى اللهَ وَهُوَ عَلَيْهِ رَاضٍ فَلْيُكْثِرْ مِنَ الصَّلَاةِ عَلَي   

Barangsiapa yang ingin merasa bahagia ketika berjumpa dengan Allah dan Allah ridlo kepadanya, maka hendaknya ia banyak membaca shalawat kepadaku (Nabi).

 مَا أكْثَرَ مِنَ الصَّلَاةِ عَلَيَّ فِيْ حَيَاتِهِ أَمَرَ اللهُ جَمِيْعَ مَخْلُوْقَاتِهِ أنْ يَسْتَغْقِرُوا لَهُ بَعْدَ مَوْتِهِ
Barangsipa membaca shalawat kepadaku di waktu hidupnya maka Allah memerintahkan semua makhluk-Nya memohonkan maaf kepadanya setelah wafatnya.

مَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ ثُمَّ تَقًرَّقُوْا مِنْ غَيْرِ ذِكْرِ اللهِ وَصَلَاةٍ عَلَى النَّبِيِّ إلَّا قَامُوْا عَنْ أنْتَنَ مِنْ حِيْفَةٍ

Mereka yang berkumpul (di suatu majlis) lalu berpisah dengan tanpa dzikir kepada Allah dan membaca shalawat kepada nabi, maka mereka seperti membawa sesuatu yang lebih buruk dari bangkai.

Adapun mampaat membaca shalawat bila kita membacanya, diantaranya sebagai berikut :

Manpaat membaca shalawat

  • Mendapatkan Syafaat dari Nabi Muhamad SAW
  • Nabi Muhamad SAW akan mendo'akan kepada orang yang membaca shalawat kepadanya
  • Mendekatkan diri seorang hamba kepada Rosul-Nya
  • Shalawat menyelamatkan pembacanyadari segala kesulitan hari kiamat
  • Dikabulkan do'a yang dipanjatkanya
  • Diangkat sepuluh derajat atas kedudukanya disisi Allah SWT
  • Mengapai sesuatu yang dicita-citakan 
  • Dituliskan baginya 10 kebaikan dan dihapuskan 10 kejelekan
  • Diampuni segala dosa dan ditutupi segala aib hidup
  • Membaca shalawat menjadi jalan menuju surga
  • Menjadi sebab seorang hamba mendaptkan hidayah
  • Mendapatkan pengampunan dari Allah SWT

Sebetulnya banyak sekali Manpaat Dasyat dari Membaca Shalawat tapi saya rangkum untuk mempersingkat penulisan. Semoga artikel yang saya posting kali ini bisa bermampaat untuk anda pembaca semua dan semoga bisa menjadi bahan motivasi untuk memperkokoh iman anda dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.